Latest Dhaharan :

Asam Padeh Ikan Tongkol Sumatra Barat

Asam pedas (bahasa Melayu) atau asam padeh (bahasa Minangkabau) adalah salah satu masakan tradisional Minangkabau dan Melayu (Riau, Jambi, dan Semenanjung Malaya) yang memiliki cita rasa asam dan pedas. Masakan ini menggunakan berbagai jenis ikan dan hidangan laut seperti ikan tongkol, kakap, tuna, Ikan kembung, gurami, dan cumi-cumi sebagai bahan utama yang kemudian dibumbui dengan asam jawa, cabai, dan rempah-rempah lainnya.
Hidangan ikan asam pedas dikenal secara meluas di Sumatera dan di Semenanjung Melayu. Hidangan ini dikenal baik dalam khazanah seni memasak Minangkabau ataupun Melayu, sehingga tidaklah jelas dari manakah asal mula hidangan ini. Hidangan asam pedas Minang dapat ditemukan dengan mudah di seluruh Rumah Makan Padang yang ada di Indonesia dan Malaysia, bahkan telah menjadi masakan khas masyarakat Melayu dan Aceh. Namun racikan bumbu-bumbu yang digunakan berbeda menurut daerah masing-masing.
Asam pedas merupakan kuah yang di dalamnya terdapat bumbu pedas dan asam yang dilengkapi dengan sayur-sayuran. Di Aceh, asam pedas sangat jarang menggunakan sayur, melainkan dipadukan dengan ikan tongkol yang disebut Asam Keueng. Sedangkan di Riau, asam pedas telah menjadi bagian dari seni memasak masyarakat Melayu yang biasanya dipadukan dengan ikan patin, ikan baung, ikan selais, dan ikan gabus.

Bahan:
- 500 gr (kurang lebih) Ikan Tongkol
- 1000 ml air
- 1 batang serai, ambil putihnya (dikeprek)
- 1 lembar daun kunyit (yang sedang)
- 2 lembar daun jeruk
- 2 lembar daun salam
- 3 asam kandis kecil (kalau terlalu besar bisa terlalu asam)
- 1 buah tomat (optional)
- Garam
 
Bumbu dihaluskan:
- 20 cabe merah (sesuai kebutuhan)
- 6 butir bawang merah ukuran sedang
- 2 butir bawang putih ukuran sedang
- 3 butir kemiri
- 1 ruas jempol lengkuas
- ½ ruas jempol jahe
 
Cara Memasak:
- Bersihkan Ikan, kemudian lumuri dengan garam dan air jeruk nipis
- Didihkan air bersama bumbu yang dihaluskan, setelah mendidih masukkan daun salam,daun jeruk dan  daun kunyit
- Setelah mendidih,tunggu sampai air agak menyusut baru masukkan ikan-Masukkan asam kandis ketika ikan setengah matang, masak sampai ikan empuk
 
Tips:
Seperti tadi sudah diberitahukan, Ikan Tongkol ini bisa diganti dengan daging,Ikan Gurame ataupun jamur tiram.Apabila menggunakan daging, jumlah air dikurangi karena pada saat dimasak daging akan mengeluarkan air, dan daging dimasukkan bersama-sama pada saat mulai merebus kuah (jangan sampai mendidih)Untuk Ikan gurame dan Jamur Tiram, karena teksturnya lebih lembut pada saat air mendidih masukkan asam kandis, tunggu agak menyusut airnya baru masukkan Ikan Gurame atau Jamur. 
Selamat mencoba...
Share this article :

+ comments + 1 comments

October 10, 2018 at 9:29 PM

enak kayaknya rasa resep asam pedas Patin
hmm,,penasaran rasanya

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Dhaharan Indonesia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template